Minggu, 06 November 2016

Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas


Tips Bertanam Hidroponik di Rumah – Hidroponik adalah sistem penanaman Sayuran atau buah yang tidak menggunakan media tanah melainkan mengguakan sistem hidro atau menggunakan media air yang dicampur dengan nutrisi khusus untuk tanaman hidroponik. Belakang ini semakin dikenal oleh banyak kalangan mengenai sistem bercocok tanam dengan media air atau HIDROPONIK. Nah so pasti anda yang sedang membaca artikel ini pasti lagi mencari cara bertanam dengan sistem hidroponik di rumah bukan ?. Menanam hidroponik di rumah memang cukup mudah, tidak usah pake media media hidroponik yang mahal dulu, gunakan media daur ulang atau media-media yang tidak terpakai untuk disulap jadi KIT Hidroponik, misalkan botol botol bekas pun bisa disulap jadi media untuk menanam sayur atau buah secara hidroponik.

Botol air mineral ukuran 600 ml
Rockwool (salah satu media tanam untuk hidroponik, bisa beli di toko pertanian atau online) – Bisa diganti sama dacron, busa bekas jok kursi, gulungan kapas, atau kain flanel yang digulung.
Kain flanel / sumbu kompor / kain yang menyerap air
Cara membuat botol untuk media tanam hidroponik


Potong botol air mineral menjadi 2 bagian (lihat gambar)

Lubangi bagian atas leher botol di dua sisi dengan solder atau paku yang dipanasi (gambar kiri). Masukan kain flanel yang sudah dipotong memanjang melalui dua lubang tadi (gambar kanan)

Pasang terbalik bagian atas botol ke bagian bawah botol (lihat gambar). Media tanam hidroponik sederhana sudah siap digunakan.
Tapi tunggu, botol di atas belum akan kita gunakan saat ini. Yang harus kita lakukan sekarang adalah menyemai benih tanamannya terlebih dahulu. Karena itu, siapkan benih-benih yang akan kita tanam. Untuk latihan menanam hidroponik, sebaiknya dimulai dengan tanaman sayuran. Sayuran lebih mudah ditanam


Contoh benih sawi/caisim tosakan dan selada bokor yang saya miliki
Saat ini, benih/bibit tanaman banyak sekali dijual online. Kalau di sekitar anda tidak ada toko pertanian yang menjual benih tanaman, anda bisa membelinya online. Saya biasa membeli benihnya di sini, sini, dan sini. Kalau mau googling, akan ada ratusan penjual benih online. Anda bisa menyesuaikan pembelian dengan lokasi seller yang terdekat dengan kota anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar