Kamis, 24 November 2016

Langkah Menanam Tauge Dari Kacang Hijau


Langkah Menanam Tauge Dari Kacang Hijau -   Bagaimana caranya bikin tauge kacang hijau yang gemuk? Tauge yaitu kecambah dari kacang-kacangan seperti kacang hijau, kedelai, dan sebagainya. Tauge umumnya digunakan sebagai bahan pangan lantaran memiliki citarasa yang lezat serta memiliki kandungan nilai gizi tinggi, terlebih vitamin E. Tauge dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah maupun dimasak terlebih dulu.
Pada intinya, sistem pembuatan kecambah kacang hijau ini tidaklah terlalu susah kok. Kuncinya adalah Kamu mesti rajin dalam menjaga benih-benih kacang hijau itu sekurang-kurangnya sepanjang 5 hari ke depan. Umumnya orang memakai media tanam berbentuk kapas atau kain basah sebagai media persemaiannya. Tetapi kesempatan ini, kami bakal menggunakan media yang tidak sama hingga kwalitas produksi tauge yang dibuatnya juga tambah baik.

Mengenai bebrapa step pelaksanaannya yaitu seperti berikut :
Alat serta Bahan :
  • Kacang hijau 
  • Air dingin 
  • Saringan 
  • Wadah plastik 
  • Kain/plastik berwarna hitam 
  • Kain lap 
Beberapa langkah :
Masukan air dingin kedalam wadah plastik seperlunya. Lalu rendam biji-biji kacang hijau ke air itu sepanjang lebih kurang 12 jam. 
Sesudah sistem perendaman rampung, Kamu dapat mencuci kacang hijau tadi dengan air yang mengalir hingga bersih. Selanjutnya tiriskan kacang hijau itu memakai saringan. 
tahap selanjutnya yaitu menyiram kembali kacang hijau yang sudah ditiriskan tadi menggunakan air dingin seperlunya. 
Kemudian, bungkuslah kacang hijau ini memakai kain/plastik yang berwarna hitam. Lantas bungkus sekali lagi memakai kain lap. 
Tempatkan bungkusan yang diisi kacang hijau ini ditempat yang lembab. Umpamanya seperti di kamar mandi, bawah meja, dsb. 
Supaya biji kacang hijau dapat tumbuh jadi kecambah Kamu butuh menyiramnya dengan teratur. Frekwensi penyiraman benih kacang hijau yang ideal yaitu tiap-tiap 4 jam sekali. Hal semacam ini bermakna Kamu mesti menyiram biji kacang hijau itu sejumlah 6 kali /hari. 
Bila Kamu mujur, biji kacang hijau telah beralih jadi tauge yang subur serta gemuk cuma kurun waktu 4 hari saja. 
Waktunya untuk lakukan pemanenan. Upayakan tauge yang bakal dipanen jangan pernah terserang air lantaran bisa mengakibatkannya cepat membusuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar